Friday, May 23, 2014

Hal Kecil Yang Terabaikan: Catatan kecil mahasiswa semester akhir

Menunggu hujan dimusim panas. Kalimat ini mungkin paling tepat ditujukkan kepada kita yang melekat status mahasiswa (i) semester akhir. Pasca menyelesaikan studi strata 1 di universitas halu oleo kendari tepatnya di fakultas ekonomi jurusan IE, Alhamdulillah jasa saya dipakai sebagai assisten peneliti pada Pusat Studi Ekonomi dan Bisnis FEKON UHO kendari. Posisi saya sebagai assisten peneliti menjadikan saya rutin untuk masuk kantor tepatnya di gedung IE FE UHO.

Dikantor, tidak sedikit teman-teman mahasiswa (i) yang datang berbagi cerita, diskusi ataupun berkunjung sembari menunggu dosen yang akan masuk membawakan kuliah. Khusus teman-teman yang sudah semester akhir, kebanyakan mereka singgah menunggu dosen pembimbing untuk diperlihatkan atau konsultasi proposal bahkan hasil penelitian yang mereka lakukan.

Ada satu hal yang terkadang menimbulkan pertanyaan bagi saya ditengah keluhan mereka. Terkadang mereka bertanya “ Kak, Sodara dll, ada pak/ibu ini? Lihat bapak/ibu ini? Dan itu berulang hingga beberapa kali dalam sehari dan berminggu minggu. Selain itu terkadang muncul keluhan dari teman-teman “kok bapak/ibu ini susah sekali ditemui. Jarang sekali saya ketemu dia dikampus.

Masalahnya adalah terkadang kita (saya) sempat melihat mereka mengajar, tapi kok mereka tidak  bertemu bapak ibu dosen yang mereka tuju. Dan akhirnya kadang seharian menunggu, hasilnya NOL. Kasihan waktu kita yang terbuang. Ini merupakan salah satu hal kecil yang terkadang tidak kita pikirkan sebenarnya ada apa. Menurut saya, hal ini adalah salah satu yang menghambat kecepatan kita dalam meyelesaikan studi.

Berikut saya ingin mengungkapkan hal kecil yang biasa terlupakan dari kita mahasiswa (i) akhir yang mau mencari dosen untuk konsultasi dll.

1.       mengetahui hari apa saja dan jam berapa, dia masuk mengajar mata kuliah dalam satu minggu itu.
2.       Mengetahui Nomor handphonenya (Hp)

3.       Mengetahui Jenis Mobil dan Hapal Plat Mobil dosen itu jika dia biasa menggunakan mobil ke kampus
4.    Mengetahui dimana biasa bapak/ibu dosen istirahat sebelum pulang ke rumah. Apakah dikantin, diruang dosen, Perpus atau di laboratorium.
5.       Mengetahui alamat rumah bapak/ibu dosen itu.
6.       Mengetahui jam berapa saja dia bisa ditemui (Biar lancer Bro)
7.       Dan yang terpenting (Dicatat) jangan di liat-liat doing


Semoga kalau 7 poin ini sudah dilakukan insya allah setiap ada rencana menemui dosen yang kita tuju bisa dengan cepat dan tidak buang-buang waktu.

No comments:

Post a Comment